7 Jalan Menuju Bahagia Bersama Al Qur’an

By Sri Ayu

DENGAN Al-quran, hidup akan lebih terarah. Pintu menuju kebahagiaan pun akan terbuka lebar. Tapi bagaimana cara menuju kebahagiaan tersebut?

1.Dengan membacanya

Membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang tepat dapat memberikan kedamaian. Itu membuat Anda merasa dekat dengan Allah. Membaca Al-Qur’an, terutama setelah sholat Subuh, adalah obat terbaik untuk menjaga diri tetap di jalan kebenaran.

BACA JUGA: Inilah 7 Keistimewaan Alquran

`Abdullah Ibn` Amr Ibn Al-`As menyatakan bahwa Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah berkata, “Orang yang berbakti kepada Al-Qur’an akan diberitahu pada Hari Kebangkitan: Baca dan naik (dalam peringkat). Bacalah seperti yang biasa Anda ucapkan ketika Anda berada di kehidupan pertama (dunia). Peringkat Anda akan berada di ayat terakhir (ayat) yang Anda ucapkan. ”(Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

2. Dengan memahami arti dan tafsirannya

Membaca adalah salah satu hiburan yang paling memuaskan, dikejar oleh jutaan orang dengan semangat. Membaca Al-Qur’an beserta arti dan tafsirannya membantu mengungkapkan rahasia Al-Qur’an dan memberi pemahaman mengenai ayat tersebut.

3. Dengan Menghafalnya

‘Abdullah Ibn `Abbas mengungkapkan bahwa Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam berkata,” Dia, yang tidak menghafal bagian manapun dari Al-Qur’an, seperti sebuah rumah yang hancur. “( At-Tirmidhi)

Dengan menghafal, membuat Anda merasa sangat dekat dengan Allah. Ketika menyaksikan suatu insiden dalam kehidupan sehari-hari, otakpun akan mengulang ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan kejadian tersebut.

4. Dengan Mendengarkannya

Mendengarkan Al-Qur’an merupakan aktivitas yang mudah dilakukan dimanapun. Kita bisa sekaligus merenungkan isi ayat tersebut.

5. Dengan bertindak sesuai Al Qur’an

Al-Qur’an harus ditaati dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman untuk semua umat manusia. Oleh karena itu, semua tindakan ibadah lainnya yang terkait dengan Al-Qur’an akan bermanfaat.

6. Dengan mengajarkannya kepada Orang Lain

`Utsman Ibn` Affan meriwayatkan bahwa Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam berkata: “Yang terbaik di antara kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya (kepada orang lain.)” (Al-Bukhari)

Mengajrkan Al Quran kepada orang lain lebih besar manfaatnya daripada merenungkannya dalam pengasingan.

7. Dengan menjadi Ahlul-Qur’an

Ikatan yang mengikat umat Islam atas dasar mempelajari Al-Qur’an bersama-sama tidak dapat digambarkan. Ini adalah cinta yang tulus dan tidak duniawi, semata-mata demi Allah.

Al-Qur’an telah memperkaya jiwa dengan pengetahuannya yang bermanfaat dan memberikan nikmat karena bisa dekat dengan Allah. Tidakkah Anda juga ingin yang indah itu? []

SUMBER:

Islampos.

About ISLAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s