Ini dia Doa untuk menyembuhkan segala penyakit

Al Fatehah… (Mohon membaca Al fatehah)

Pembaca yang budiman, sebelumnya marilah kita memahami dahulu bahwa segala macam musibah baik penyakit ataupun musibah lainnya semata-mata dengan izin Allah swt.Allah swt berfirman

 Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Qs At Taghaabun (64): 11

Musibah bisa jadi sebagai ujian dari Allah ataupun bisa jadi peringatan_Nya supaya nyata siapa-siapa dari hamba_Nya yang sabar.

Allah swt Berfirman

“Kami pasti akan menguji kamu sampai Kami tahu siapa orang-orang yang berjihad di jalan Allah dan bersabar.” (QS. Muhammad: 31)

“Kami pasti menurunkan sedikit rasa takut, sedikit rasa lapar… Berilah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

Bagaimana menyikapi musibah?

Allah swt Berfirman dalam surah Al Baqarah

[2.155] Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, [2.156]
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun” [2.157] Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Setelah memahami tentang musibah dalam hal ini penyakit bahwa semuanya berasal dari Allah, kemudian tentunya manusiawi kalau kita mencari obat penawarnya. Al Qur’an adalah penyembuh segala penyakit termasuk penyakit hati

Allah swt. Berfirman’

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur`an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian.” (Al-Isra`: 82)

Ikhtiar untuk mengobati penyakit yang diderita setelah sebelumnya memasrahkan semuanya hanya kepada_Nya. Ikhtiar dalam hal ini bisa dengan cara mengkonsumsi obat misalnya madu, habbat (yang di sarankan Rosulullah saw) atau obat kimia. Ikhtiar lain bisa pergi ke dokter untuk memeriksa keluhan kita.

Setelah semua ikhtiar baik lahir dan bathin sudah kita lakukan, maka kemudian kita pasrahkan semuanya kepada Allah, biasanya setelah itu akan ada mukzizat dari_Nya berupa kesembuhan.

Namun jika hasilnya tidak seperti yang kita harapkan haruslah kita memahami bahwa apapun hasil dari ikhtiar kita semuanya ada pada kekuasaan Allah. Tugas manusia adalah berusaha

Doa menyembuhkan penyakit 1

Diambil dari Buku Dr Abdul Hayyi, ” Tafsir Surah Al Fatihah”
Usman bin Abi al-‘Ash mengadukan kepada Nabi saw akan rasa sakit yang dideritanya sejak dia masuk islam, Rosulullah saw. bersabda kepada_Nya“letakkan tanganmu diatas bagian yang kau rasa sakit, dan ucapkanlah, Bismillah 3 kali, dan ucapkanlah tujuh kali,

Aku berlindung pada Allah dan kekuasaan_Nya dari kejahatan apa yang aku rasakan dan aku khawatirkan’ (HR. Muslim)

Doa menyembuhkan penyakit2

Doa ini adalah doa Nabi Ayub as. ketika menderita sakit parah. Mustahil penyakitnya sembuh karena saking parahnya, sehingga menyebabkan Istri anak dan kerabatnya meninggalkan beliau. Allah swt. menyembuhkan penyakit Nabi Ayub yang menurut ukuran manusia adalah mustahil di sembuhkan.

Berdoalah menggunakan doa ini bagi siapa saja yang sedang putus asa mengharapkan kesembuhan dan mukzizat. Berdoalah dengan asmaul husna seperti contoh doa Nabi Ayyub ‘alaihis salam di puncak sakitnya

رَبِّ إِنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَRABBI INNII MASSANIYAD-DURRU WA ANTA ARHAMUR RAAHIMIIN

Ya Allah, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.

Keterangan :
Nabi Ayyub ‘alaihis salam menyampaikan permohonannya kepada Allah dengan dengan bertawassul. Bentuk tawassulnya adalah beliau menyebutkan derita yang beliau alami, dan beliau mengadukan kepada Sang Pencipta, Dzat Yang Maha Pengasih Penyayang. Selanjutnya Nabi Nabi Ayyub ‘alaihis salam bertawassul dengan memuji Allah, dengan menyebutkan sifat kasih sayangnya.
Demikianlah adab yang diajarkan seorang nabi. Beliau tidak mengeluhkan musibah yang menimpanya kepada orang lain. Beliau rahasiakan musibah itu dari orang lain sebisa mungkin. Tapi beliau langsung mengadukan kepada Dzat Yang Maha Rahman. Karena manusia tidak kuasa sedikitpun…, manusia tidak mampu menyembuhkan…, manusia tidak mampu menyelamatkan orang lain dari musibah…, mintalah kepada Allah, bukan minta kepada mausia.

Allah berfirman dalam Al-Quran:
وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَى رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ
“(ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: “(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”. (QS. Al-Anbiya: 83)

Juga ucapkanlah doa berikut 

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ
 لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً

ALLAHUMMA ROBBANNASI ADZHIBILBA’ SA ISYFI ANTASYSYAFI LA SYIFAUKA SYIFA’ AN LA YUGHODIRU SAQOMA.

Dari Aisyah ra. Bahwasannya Nabi Muhammad SAW membacakan doa kesembuhan kepada sebagian keluarganya dengan mengusapkan tangan kanannya seraya berdoa, “Ya Allah, Tuhan manusia, lenyapkanlah segala penyakit, sembuhkanlah, Engkau Tuhan yang menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan suatu penyakitpun.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa adalah penyembuh, banyak penelitian yang membuktikan fenomena keajaiban doa. Hal ini bisa dijelaskan ilmiah. Jika kita faham secara ilmiah harapanya adalah kita lebih yakin bahwa doa adalah sebuah mukzizat. 

Demikian semoga bermanfaat.

58 responses to “Ini dia Doa untuk menyembuhkan segala penyakit

  1. Pingback: Ini dia Doa untuk menyembuhkan segala penyakit | Rahmad News·

  2. Ya ALLAH jadi lebih tau ALHAMDULILLAH
    Saat ini saya membacakan doa itu kepada kakak saya
    Kepada pembaca mohon do’ax untuk kesembuhan kakak saya
    Terima kasih semoga ALLAH membalasx

  3. Pingback: Doa Menyembuhkan Segala Penyakit | botolaqua-Mangetsu·

  4. Kawan perkenankan doa kawan kawan untUk saya supaya di Beri kesembuhan.. diangkat peyakit saya amin ya allah

  5. Kak bgaimnah kalau sakit telinga bermanah/ congek /curek, bisah di sembuhkan kha, n apa doanya.. Baru caranya jg gimanah kak..?
    Makasih. Qhu mohon penjelsanta spaya saya dapat sembuh..

  6. kaum muslim muslimah mohon doanya untuk tante saya yg sudah lama sakit semogah segera dapat kesembuhan dari allah swt sang pencipta.
    aminn

    • Allahumma Robbannas Mudzhibal-bas, isy fi antasy-syafi, la syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqoman

      (Ya Allah Tuhan semua manusia, yang menghalaukan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang menyembuhkan, tiada yang menyembuhkan kecuali Engkau, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi). (HR. Bukhari)

      Aamiin Yaa Robbal Alamiin

  7. Saya sakit hampir 1 tahun.mohon kawan2 mendoakan kesembuhan saya ya..amin.sakit sukar bernafas.di bahagian hati terlalu letih untuk bernafas.nafas saya terlalu penat.hinggakan saya kadang kala tiada daya untuk bangun.

    • “Ya Allah, sesungguhnya shasha telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”. Sembuhkanlah shasha ya Allah. Aamiin YRA …

    • Assalamu ‘alaikum sasha. Gimana sakit sesak napasnya apa udah sembuh.?
      Jika butuh bantuan pengobatan boleh menghubungi saya di nomor 0813 6738 1478 / 087788000039

  8. Angkat penyakit paru paru Kakakku yudhis anhar ya ALLAH ya rabi
    Mohon minta doane temen temen diangkat semua lendir dan tumornya sampai akarnya. Amin yarobal alamin

  9. assalam..wrwb..terimakasih atas amalan nya,mohon izin untuk mengamal kan nya terutama buat kesembuhan saya sendiri,,
    mhn doanya buat sahabat2 untuk kesenbuhan saya,,saya sering demam,mudah capek,lemah,dan rs sakit d sekujur tubuh,dan sering keram d bagian tangan dan kaki,,sekali lg sy mhn keikhlasan nya buat mendoakan kesembuhan saya,aamiin

  10. Assalamu’alaikum, kami sekeluarga kena serangga tomcat sehingga kulit kami termasuk anak anak saya yang masih kecil gatal gatal memerah bahkan melepuh seperti terbakar. Sudah ke dokter spesialis kulit tiga kali tdk kunjung sembuh selalu muncul dan muncul lagi. Kami mengobati sambil berdoa mohon kesembuhan namun ujian belum berakhir sampai saat ini sdh satu bulan lebih belum sembuh. Terima kasih dpt tambahan pengetahuan doa penyembuhan. Doakan kami juga ya….

  11. Mohon doa agar saya segera sembuh, sehat seperti sediakala agar bisa kembali mengurus suami dengan baik jg keluarga,dan menjadi manusia yg lebih baik lg. Aamiin

  12. doakan saya utk sembuh dr penyakit kulit@gegata … in sha allah saya juga akan mendoakan kamu juga ..

  13. kalau penderita penyakit seorang perempuan apa do’anya seperti ini juga
    اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
    atau ada yang harus dirubah.

    terimakasih.
    do’a saya tujukan untuk ibu saya (Mutmainah)

  14. semoga saya selalu diberikan kesabaran dan ketenangan dalam setiap ujian yang diberikan Allah SWT
    Aamiin
    Teman-teman berikan doa kepada saya supaya sembuh dari penyakit yang saya derita

  15. Mohon do’anya ya saudara2 sekalian semoga di angkat penyakit saya oleh Allah SWT..Insyaallah kita juga akan saling mendo’akan..Terimaksih…

  16. Ass…saudara seiman, semoga saudara selalu diberikesehatan oleh Alloh swt semata2 utk berIbadah kepadanya. Sudah tiga tahun saya terkena penyakit ditubuh ini setiap hari setiap malam saya merasakan rasa sakit, untuk itu kami mahon ke ihlasannya saudara2 yg dirahmati Alloh swt agar dpt mendo’akan saya. Semoga kebaikan saudara menjadikan amal Ibadah yg dibalas oleh Alloh swt dgn ganjaran yg berlipat ganda. Amin, amin, amin Yaa Robbal’alamin.”

    • 4 / 5
      BalikBagikan Ke FBBagikan
      Doa Kepada Orang Sakit

      Doa Kepada Orang Sakit 3 (Ruqyah Jibril)

      بِسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ، مِنْ كُلِّ شَئٍ يُؤْذِيكَ، مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنٍ حَاسِدٍ، اَللَّهُ يَشْفِيكَ، بِسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ

      Bismillaahi arqiika, min kulli syai-in yu’dziika, min syarri kulli nafsin au ‘ainin haasidin, allaahu yasyfiika, bismillaahi arqiika.

      Dengan nama Allah aku meruqyah-mu, dari semua yang menyakitimu, dari kejahatan setiap jiwa dan mata hasad, semoga Allah menyembuhkanmu, Dengan nama Allah aku meruqyah-mu.

      HR. Muslim 2186, Turmudzi 972, Ibn Majah 3523.
      Keterangan:
      Doa ini dibaca oleh orang yang menjenguk kepada si sakit.

      Hadits selengkapnya:
      Dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan: Jibril datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian bertanya: “Wahai Muhammad, kamu sakit?” Beliau menjawab: Ya. Kemudian Jibril membaca: (doa di atas).

      Aamiin

  17. Mohon do’anya untuk kesembuhan ayah saya yang mengidap batuk disertai drah,, padahal menut hasil lab ayah saya tidak terindikasi penyakit dalam.. Saya mohon kepada saudara seiman untuk mendo’akan ayah saya..

    Terima kasih

  18. Assalamulaikum sy nk mintak jasa baik semua..cr nk sembuh kn penyakit yg sy alamikan skrg..mcm2 cara sy buat msih x elok..sy sering kali ssh nk nafas trlalu pnt mesti jd..ape yg prlu sy lakukan..kadang mcm x bermakna rasa hdp bila jd mcm ni..😔😔tlg bg smangat n cara utk sy amalkan

  19. Saya audah membacakannya kepada nenek saya yng lagi kritis… semoga allah menyembuhkannya dan mohon doa nyaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s