FengShui Islami: Cara Menghitung Tempat Tinggal

Dalam beberapa hadis disebutkan bahwa tempat tinggal, isteri, kendaraan, anak dan tetangga berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Rasulullah saw bersabda:

“Di antara kebahagiaan seorang muslim adalah: isteri yang shalehah, tempat tinggal yang luas, kendaraan yang menyenangkan, dan anak yang shaleh.” (Al-Mustadrak 8: 258)
Rasulullah saw juga bersabda: “Di antara kebahagiaan seorang muslim adalah luasnya tempat tinggal, tetangga yang shaleh, dan kendaraan yang menyenangkan.” (Al-Wasail 5: 301).
Rasulullah saw juga bersabda: “Ada empat hal yang membahagiakan dan empat hal yang mencelakakan. Empat yang membahagiakan adalah isteri yang shalehah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang shaleh, dan kendaraan yang menyenangkan. Adapun empat hal yang mencelakakan adalah tetangga yang buruk, isteri yang tidak baik, tempat tinggal yang sempit.” (Biharul Anwar 73: 154)
Ketika menjelaskan firman Allah swt: “Setiap mereka diberi rizki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu. Mereka diberi buah-buahan yang serupa…” (Al-Baqarah: 25). Ketika menjelaskan kalimat “Mereka diberi
buah-buahan yang serupa”, Ibnu Mas’ud mengatakan: Pertama adalah makanan yang warnanya bermacam-macam. Kedua, semua baik dan tidak ada yang tercela. Ketiga, buah-buahan di dunia tidak lebih baik dari buah-buahan di surga. Keempat, kelezatan dan sifat-sifat yang menyerupai antara yang satu dengan yang lain. Kelima: Keserupaan dari segi kesesuaian, pembantu sesuai dengan tempat tinggal, dan tempat tinggal serasi dengan kuda (kendaraan). (Biharul Anwar 8: 81).
Makna hadis-hadis tersebuat sangat luas dan dalam. Secara makna batiniyah hadis tersebut ulama kita membuat rumus-rumus perhitungan antara lain tentang apakah rumah atau tempat tinggal itu membawa kebahagiaan dan keberkahan rizki atau kesengsaraan dan kesulitan bagi penghuninya? Dalam Kitab klasik “Mujarrbat Imamiyah” disebutkan rumus cara menghitung tempat tinggal dengan sistem pembagian 4 antara tempat tinggal dan penghuninya.
Cara Menghitung
Hitunglah dengan nilai angka huruf ABJADUN nama tempat yang ditinggali
dan nama orang yang akan menempatinya. Kemudian jumlahkan keduanya
kemudian dibagi 4 (empat):
1 Jika sisanya 1 (satu), tempat tersebut banyak persoalan yang
melelahkan
2 Jika sisanya 2 (dua), tempat itu keadaannya sedang
3 Jika sisanya 3 (tiga), tempat tersebut keadaannya baik untuk rizki
4 Jika sisanya 4 (empat), tempat itu mendatangkan kebahagiaan,
kemuliaan, bimbingan.
(Kitab Mujarrbat Imamiyah)

Sumber:
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Angka Huruf Abajdun dan Nilainya klik disini

One response to “FengShui Islami: Cara Menghitung Tempat Tinggal

  1. ass wr wb
    afwan, klo boleh bisa lebih rinci ngga cara menghitungnya……
    sekalian klo ada contohnya . . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s